Friday 31 October 2014

Cara Menulis Artikel



Menulis artikel lebih gampang dari menulis novel atau cerpen. Mengapa? Karena menulis artikel, kita hanya mengembangkan sebuah gagasan menjadi sebuah viral dan jumlah halaman yang dibatasi. Biasanya satu halaman atau setengah halaman, sebuah tulisan bisa disebut artikel. Biasanya sebuah tulisan disebut artikel jika mencapai 300 kata s/d 1000 kata.


Organik dalam sebuah artikel adalah adanya tema. Tema bisa apa saja. Kesehatan, pendidikan, cinta, dll. Organik berikutnya adalah realitas, non fiksi. Sebuah artikel bukan dongeng, cerita rekaan penulis, atau khayalan. Tapi artikel adalah tanggapan pemikiran atas sebuah kenyataan atau realitas yang terjadi. Isi sebuah artikel adalah kenyataan atau realitas, bukan fiksi atau khayalan.

Langkah-langkah menulis artikel, antara lain :
  1. Menentukan tema. Pilihlah tema yang anda sukai dan benar-benar menguasainya.Misal tema tentang cinta. Sesudah menetapkan tema lalu menetapkan judul.
  2. Mengetahui tujuan penulisan artikel yakni untuk memberitahukan pembaca mengenai suatu tema tertentu agar pembaca dapat mengaplikasikan isi artikel yang bermanfaat bagi mereka
  3. Mengembangkan judul atau tema. Misalkan judulnya tentang Cinta. Maka uraikan arti cinta, pengertian cinta, cara meraih cinta, ciri orang jatuh cinta, contoh orang jatuh cinta, dll. Dengan begitu tulisan artikel lebih banyak dan berisi serta jelas memberikan pencerahan kepada pembaca
  4. Pada awal paragraph artikel harus dibuka dengan pembukaan artikel. Pada bagian tengah artikel diisi dengan isi atau daging atau inti artikel. Dan pada bagian akhir ditulis dengan penutup atau kesimpulan.

Itulah artikel memiliki seni tersendiri. Saya sering menemukan sebuah artikel yang enak, dibaca dan bahasanya mengalir. Hal itu tentu saja sebuah artikel berpeluang sangat besar menjadi tulisan bagus karena menulis artikel hanya membutuhkan waktu beberapa menit atau beberapa detik. Saat tak ada kerjaan bisa digunakan untuk menulis artikel. Saat pikiran banyak ide, bisa menuylis artikel. Sehingga artikel yang ditulis bisa powerfull. Adapun ide artikel bisa didapatkan di sekeliling anda. Selamat menulis artikel sobat. Menulis artikel sebuah kebiasaan masyarkat kini terutama menulis artikel untuk sebuah blog.

No comments:

Post a Comment