Monday 13 October 2014

Menulis Untuk Promosi dan Menulis Teratur



Apa jadinya jika sebuah blog banyak promosi iklan? Apa jadinya sebuah blog mempunyai banyak iklan ? orang tidak suka dijuali. Orang sangat suka diberi manfaat. Orang sangat suka dijuali secara sangat halus. Orang atau pembaca/pengunjung blog menghindari penawaran bisnis atau iklan yang menekan mereka. Mereka ingin mendapatkan manfaat, bukan mendapatkan tawaran bisnis. Maka gunakanlah cara promosi yang sangat halus dalam karya tulis. Bukan penawaran bisnis tapi rekomendasi bisnis. Mengurangi promosi dalam tulisan sangat baik dilakukan untuk mengoptimalkan karya tulis. Promosi iklan dilakukan setelah beberapa karya tulis ditayangkan. Misalnya setelah ditulis tujuh karya tulis.

Bulan dan bintang, matahari serta bumi berputar pada porosnya masing-masing. Bumi mengitari matahari berputar dan beredar pada porosnya masing-masing. Tidak bergeser walau satu inchi pun. Semua diciptakan serba teratur Maha Karya alam ini oleh Allah SWT. Semua ciptaaanNya, semesta alam ini diciptakan sempurna. Coba lihatlah di langit dan di bumi. Pendek kata, bumi dan alam semesta sangat teratur diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Keteraturan itu baik. Begitupula mesti terjadi dalam kehidupan manusia, keteraturan tersebut. Keteraturan itu baik, yang dinamakan konsistensi. Oleh sebab itu, konsistensilah atau teraturlah dalam menulis. Blog adalah sebuah media untuk membuat manusia teratur dalam menulis. Karena blog mensyaratkan minimal sekali sehari, seorang blogger untuk mengisi kontennya diblog. Maka gunakan sarana blog untuk menulis secara teratur. Hindari copy paste dalam membuat suatu karya tulis. Karena anda melanggar hak cipta orang lain. Hindari menjiplak karya tulis orang lain karena melanggar hak cipta orang lain. Sesuatu karya tulis diperbolehkan jika karya tulis itu ditulis ulang dengan bahasa sendiri walau idenya sama, dengan mencantumkan sumbernya.

Penulis menjadikan blog sebagai sarana untuk menulis buku. Kalau misalnya gagal dalam memonetisasi blog, maka ada kemungkinan lain yakni bisa menghasilkan buku untuk diserahkan kepada penerbit dan diterbitkan secara offline. Kemungkinan-kemungkinan baik terjadi jika kita sendiri menciptakan kemungkinan baik itu sendiri. Tidak ada kemungkinan baik jika kita tidak mengusahakannya. Maka ciptakanlah kemungkinan-kemungkinan baik saat ini juga. Menulislah secara menyenangkan, jangan menjadi beban. Menulis for happy. Selamat menulis!

No comments:

Post a Comment