Wednesday 29 October 2014

Cara Menulis Buku



Seorang penulis acapkali menulis sesuatu dengan keterpaksaan, dengan rasa tidak senang. Hal itu justeru membuat menulis seringkali terhenti di tengah jalan. Sudah capek-capek menulis setengah buku tiba-tiba berhenti di tengah jalan karena bosan, kehabisan ide, dan capek. Padahal menulis itu harus dilandasi rasa menyenangkan. Apalagi jika ia menulis buku. Sebab menulis buku tidak mudah. Menulis artikel atau cerpen, bisa diselesaikan dalam satu atau dua jam, tapi kalau menulis buku memerlukan waktu lebih lama lagi dari itu. Bahkan bisa mencapai satu tahun, paling cepat menulis buku selesai satu bulan atau dua minggu.

Oleh karena menulis buku memerlukan waktu lebih lama, maka orang yang tak sabar biasanya gagal dalam menulis buku. Jadi tidak sembarangan orang bisa menulis buku. Bisa saja ia menulis artkel atau cerpen tapi tatkala menulis sebuah buku bisa saja ia mengalami kesulitan. Karena menulis buku berbeda dengan menulis cerpen dan artikel. Apalagi ia orang tak sabaran.

Perlu sekali trik menulis buku yang benar adalah dengan membiarkan semuanya berjalan dengan sendirinya. Allah SWT telah menetapkan perintah apapun kepada manusia di dunia ini dan berjalan sendirinya. Bumi, bulan dan matahari berjalan dengan sendirinya. Perusahaan dan pabrik berjalan dengan sendirinya. Berjalan dengan sendirinya karena memiliki sebuah sistem. Begitupula dalam menulis  buku hendaknya memiliki sistem yang berjalan dengan sendirinya. Yakni kita tidak terasa dalam menulis buku. Satu hari menulis dan berikutnya secara menyenangkan, tiba-tiba jadilah sebuah buku yang tidak disangka-sangka.

Hanya ada satu cara menulis buku yang menyenangkan adalah dengan cara menulis diblog. Anda menulis diblog setiap hari dengan niche atau topic tertentu. Anda rajin menulis konten, karena blog anda mesti berada dihalaman pertama mesin pencarian Google agar bersahabat dengannya maka mesti rajin memposting konten blog. Satu hari menulis satu tulisan yang kira-kira 300 kata. Tiba tiba dalam sebulan mampu menulis 30 tulisan. dalam lima bulan mampu menulis 150 tulisan atau halaman. Wow. Lalu tinggallah di susun menjadi sebuah buku tulisan itu. Kirimkan pada penerbit handal. Mudah bukan?!

No comments:

Post a Comment