Friday 3 October 2014

Cara Menulis Tulisan Di Blog



Adapun cara menulis tulisan diblog harus bersifat komunikatif, enak dibaca, mudah dicerna dan dipahami, dan lain sebagainya. Berikut ini cara-cara teknis dalam membuat sebuah tulisan diblog:

  1. Gunakan kata sapaan. Dalam membuat kalimat diblog hendaknya memakai kalimat sapaan seperti bro, mas, sobat, mbak. Karena sapaan itu akan membuat tulisan lebih komunikatif dan lebih enak dibaca dan bersahabat. Karena menulis itu sama dengan berbicara dengan sahabat kita yang kita cintai. Hal itu pula membuat tulisan kita lebih akrab dengan pembaca.

  1. Menggunakan gaya bahasa pembaca. Tulisan anda diperuntukkan bagi pembaca bukan bagi anda. Maka lihatlah dari sudut pandang pembaca. Jika pembaca kita remaja maka tulis dengan gaya bahasa remaja. Jika pembaca kita anak-anak maka tulis dengan gaya bahasa anak-anak. Karena jika demikian, maka itu membuat pembaca puas atas tulisan kita. Ingat esensi menulis adalah membuat puas pembaca. Pendek kata, menulislah dengan gaya bahasa yang disukai pembaca anda. oleh sebab itu, perlu diketahui siapa atau target kalangan apa pembaca anda itu.

  1. Menggunakan improvisasi. Dalam menulis hendaknya melakukan improvisasi. Saya pun dalam menulis sering menggunakan improvisasi seperti ketika menulis tentang penghasilan seorang blogger sukses sebesar satu milyar rupiah perbulan maka saya tulis kata-kata improvisasi seperti woow, spektakuler, luarbiasa, fantastis dan lain sebagainya. Bukan hanya bicara yang butuh improvisasi, menulis juga butuh improvisasi. Contoh bentuk improvisasi dalam tulisan : ada jeda dalam tulisan, menggunakan emoticons misal ketika menangis gunakan emoticons menangis dan ketika gembira gunakan emoticons gembira, harus ada titik koma untuk menandakan jeda. Menulislah seperti berbicara kepada sobat anda, dengan cara itu maka akan mudah sekali menulis diblog  atau media apapun.

Catatan : Saya pernah membaca tulisan yang memakai kata sapaan seperti sobat, dan setelah membacanya sangat berasa enak dan akrab serta komunikatif tulisan itu. Kemudian say abaca tulisan tanpa sapaan sobat maka tulisan itu terasa tidak komunikatif dan terlalu kaku. Pendek kata, tulislah dengan menggunakan kata sapaan seperti sobat Karen itu membuat tulisan komunikatif, akrab di dengar dan dibaca serta enak dibaca seperti pesan seorang sahabat.

No comments:

Post a Comment