Saturday 1 November 2014

Cara Menulis Untuk Daftar Pustaka



Jika anda mengalami kebuntuan dalam menulis, coba berhenti sejenak. Ada banyak cara untuk mendapatkan ide segar kembali, diantaranya membaca buku. Buku sekarang ada dua jenis yakni buku cetak dan buku elektronik (ebook). Buku cetak anda bisa dapatkan gratis dengan meminjam ke perpustakaan umum di sekitar tempat tinggal anda. Adapun untuk buku elektronik (ebook), anda bisa dapatkan secara gratis melalui media internet dengan mendownloadnya. Dengan membaca buku berarti menambah pengetahuan, menambah referensi daftar pustaka. Hal itu sangat bagus untuk kualitas tulisan itu sendiri. Itu terserah anda dalam kesukaan gaya belajar. Kalau penulis lebih cocok membaca buku digital ketimbang buku cetak. Alasannya banyak.

Ebook lebih mudah mencarinya dengan topik tertentu. Hanya menulis di browser dengan kata kunci tertentu dan topic tertentu akan muncul ebook gratis yang kita tuju. Jumlahnya sangat banyak bisa mencapai ribuan. Kita bisa mendownloadnya secara gratis. Lalu membacanya sebagai bahan referensi untuk daftar pustaka. Ebook juga tidak memerlukan ruangan yang besar untuk menampung ribuan ebook. Cukup satu laptop atau flashdisk yang kecil sudah bisa menyimpan ribuan atau puluhan ribu ebook. Mudah bukan? Kalau buku cetak tentu memerlukan gudang atau ruangan besar untuk menampung ribuan buku cetak tersebut.

Untuk menulis daftar pustaka atau bahan referensi sangat mudah yakni menulis nama pengarangnya, judul buku, nama penerbit, tempat, tahun. Contoh : Elan Suherlan, Cara Menulis Artikel, Bandung, 2014. Itu juga sudah cukup jadi daftar pustaka. Semakin banyak buku yang terdaftar dalam daftar pustaka maka semakin bagus kualitas buku tersebut.

Sebenarnya ada cara menulis buku sangat mudah tanpa beban yaitu dengan cara membaca buku. Coba bacalah buku berkualitas maka setelah membaca buku maka dengan sendirinya anda bisa menuliskan intisarinya dalam sebuah tulisan. Bahkan anda bisa mengembangkan ide dalam tulisan itu menjadi sebuah buku. Wow fantastis. Semakin banyak buku yang dibaca maka semakin banyak tulisan yang dibuat. Oleh karena itu, jika anda ingin menjadi penulis yang produktif maka bacalah buku sebanyak-banyaknya mengenai topik tertentu yang anda minati. Niscaya tanpa dipaksa anda sanggup menulis satu buku. Selamat membaca buku untuk menulis!

No comments:

Post a Comment