Sunday 26 October 2014

Cara Menulis Mendapatkan Uang : Menulis Di Media Massa



Seiring dengan semakin terbukanya kebebasan pers membuat terbuka peluang sebesar-besarnya bagi kalangan penerbit. Sekarang ini sudah sangat banyak media massa di tanah air, baik itu surat kabar, majalah, Koran, tabloid, dan lain-lain. Jumlahnya kalau dihitung sangat banyak atau ribuan.

Banyaknya media massa yang beredar di tanah air, hal itu membuka peluang bisnis bagi para penulis. Dimana peluangnya? Setiap media massa membutuhkan tulisan sesuai yang mereka syaratakan. Tentu jika tulisan anda dimuat, anda akan mendapatkan honor yang jumlahnya bervariasi. Tetapi sekarang lumayan besar, yaitu cukup untuk kebutuhan selama sebulan. Penulis bisa mengirimkan tulisannya ke berbagai media massa yang sangat banyak itu. Sekarang jika tulisannya ditolak bisa beralih ke media massa berikutnya. Sehingga tidak takut kehilangan penerbit yang mau menerima hasil tulisan kita.

Untuk mengetahui tulisan yang dibutuhkan oleh media massa tersebut, maka seorang penulis perlu meneliti media massa tersebut. Membacanya satu persatu halaman. Dan pada suatu halaman akan dicantumkan syarat tulisan yang dibutuhkan beserta kriterianya. Kemudian anda mulailah menulis, tulisan yang dibutuhkan media massa tersebut, lalu mengirimkannya.

Apakah menulis untuk surat kabar bisa dijadikan lahan usaha atau mata pencaharian? Ada yang mengatakan bisa. Dengan syarat mengirimkan tulisan yang banyak ke berbagai media massa. Kalau dua atau tiga yang dimuat kan lumayan dapat money banyak untuk kebutuhan sehari-hari sebuan. Itu pendapat mereka. Mereka mengeyampingkan hasil terburuk yakni jika ditolak semua karya tulisan kita. Sebab bisa saja, semua tulisa kita ditolak oleh penerbit. Kalau begitu, gimana? Menjadi penulis untuk media massa hanya untuk pekerjaan sampingan atau menambah penghasilan.

Bagi seorang penulis pemula atau yang tak dikenal, menulis di media massa tidak dapat dijadikan mata pencaharian tetap. Adapun jika bagi penulis terkenal yang diakui masyarakat, menulis di media massa bisa dijadikan mata pencaharian tetap karena mereka telah dikontrak untuk menulis di media massa tertentu dalam jangka waktu tertentu dengan upah tertentu. Itu kalau satu media massa, kalau dua atau tiga tentu penghasilan tetap mereka akan bertambah.

2 comments:

  1. agak sulit kalau menurut saya mas agar artikel kita bisa dimuat dikoran, soalnya tingkat persaingannya juga tinggi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak,,sulit,,tapi kalo dicoba bisa aja berhasil ya gak?

      Delete