Tuesday 14 October 2014

Editing



Apakah Editing merupakan tahap dari proses penulisan? Tidak. Harus dipisahkan antara proses penulisan dan editing. Menulis adalah bagian tersendiri. Dan editing adalah bagian tersendiri pula. Editing bukan bagian dari proses penulisan. Setelah proses menulis selesai, maka tugas menulis ya selesai. Berhenti untuk menulis suatu naskah tulisan. Selanjutnya diamkan naskah beberapa saat. Rekan saya sesama komunitas penulis menganjurkan mendiamkan naskah selama satu bulan. Setelah satu bulan, baca kembali naskah itu untuk diedit atau diperbaiki tulisannya agar tulisannya bisa sempurna, indah dan enak dibaca.

Jadi apa pengertian editing ini? Editing adalah sebuah proses yang dilakukan sebelum tulisan dipublikasikan. Sebelum tulisan dipublikasikan penerbit nasional maka perlu dilakukan editing oleh penulis sendiri. Begitupula, sebelum tulisan dipublish diblog maka tulisan perlu di editing dulu. Editing proses pengindahan tulisan. penyempurnaan kata dan bahasa.

Proses editing ini tidak sesederhana yang dikira. Tidak mudah seperti yang dibayangkan. Setelah tulisan diedit lalu diberikan pada penerbit nasional, maka setelah diterima tulisan itu, penerbit memberikan kembali tulisan itu untuk di edit kembali. Jadi, editing bukan proses satu kali. Editing adalah proses yang dilakukan beberapa kali bahkan bisa disebut editing adalah proses kegiatan yang dilakukan terus menerus tanpa dibatasi jumlahnya. Karena untuk memperbaiki, memperindah tulisan diperlukan beberapa editing yang tidak terbatas.

Editing memperbaiki kualitas suatu tulisan. Editing pula akan menambah kuantitas suatu tulisan. Jadi ada dua keuntungan dari proses editing, yakni meningkatkan kualitas dan kuantitas suatu tulisan. Lalu bagaimana cara editing yang baik dan  benar? Seperti sudah diutarakan sebelumnya, editing yang baik dan benar dilakukan setelah selesainya menulis. Tulisan baik dan buruk ditentukan oleh proses editing.

Mau bukti proses editing dan menulis adalah dua hal berbeda. Lihat saja ada profesi sebagai seorang penulis. Dan ada profesi sebagai seorang editor. Jadi menulis dan mengedit dua kegiatan berbeda. Dua kemampuan berbeda. Untuk menulis dibutuhkan kemampuan berbeda. Dan untuk editing dibutuhkan kemampuan dan skill mumpuni editing.

No comments:

Post a Comment