Thursday 30 October 2014

Cara Menulis Novel



Setiap orang pasti penasaran dalam pembuatan novel berkualitas seperti best seller. Contohnya Laskar Pelangi, Negeri Lima Menara, Harry Potter, dana lain-lain. Kok bisa ya mereka menulis novel sebagus itu. Mereka manusia biasa. Andrea Hirata maupun JK Rowling adalah manusia biasa yang kecerdasannya biasa saja seperti manusia lainnya. Lalu mengapa mereka bisa menulis novel sehebat itu? Jelas, kalau anda mau, anda pun bisa seperti mereka menulis novel yang hebat dan dahsyat. Kalau mereka bisa anda pun pasti bisa. Mereka sama-sama manusia, makan yang sama.

JK Rowling adalah seorang perempuan miskin tadinya. Ia bekerja ke kantor menggunakan kereta api. Di kereta api, ia suka menulis di atas selembar tisu mengenai cerita tentang akademi sihir yang menurutnya menarik. Kok menulis di atas selembar tisu? Karena ia tidak memiliki kertas lagi. Itulah salah satu karakter penulis novel hebat yakni ia tidak merasa terhalangi oleh apapun juga. Jika ia tidak mempunyai kertas untuk menulis, ia bisa menggunakan tisu toilet. Jika tidak mempunyai computer untuk menulis novel, maka bisa menggunakan handphone. Jadi, anda jangan merasa terhalangi oleh apapun juga dalam menulis novel. Gunakan sumber daya yang anda miliki untuk saat sekarang.

Menulislah novel secara menyenangkan. Buatlah satu bab hari demi hari. Atau satu lembar yang penting ada penambahan halaman. Memang tidak sembarang orang bisa menulis novel, hanya orang yang imajinasinya liar saja yang bisa menulis novel yang baik. Banyak cara menulis novel ada yang membutuhkan waktu sebulan tapi kebanyakan cara menulis novel itu sangat tidak mudah bahkan tak berguna. Yang penting mulailah anda menulis novel dari bab depan atau mulai dari bab terakhir, itu terserah anda. Yang penting novel anda mesti menarik bagi diri anda sendiri, kemudian menarik bagi orang lain. karena percuma membuat novel tidak menarik karena akan menjadi bahan ke tong sampah dan merugikan penerbit.

Siapkah anda menulis novel hebat dan bestseller? Selamat mencoba menulis novel. Liarkan imajinasi anda. terbanglah ke angkasa raya. Dan buatlah dunia baru bagi anda dan orang lain. Kalau begitu, anda penulis novel hebat.

No comments:

Post a Comment