Tuesday 7 October 2014

Menciptakan Tulisan Yang Disukai Pembaca Dengan Gaya Bahasa Sendiri



Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kiat menciptakan tulisan yang disukai pembaca, salah satunya dengan menambahkan bumbu humor pada setiap postingan. Manusia suka humor. Manusia suka hiburan. Manusia suka hiburan yang mencerdaskan. Kalau anda mampu menulis seperti itu, tak ayal lagi anda akan dikenal dan menjadi selebritis di dunia blog dimana traffik atau visitor akan tinggi mengunjungi website atau blog yang anda kelola.

Selain itu, perlu sekali menulis dengan gaya anda sendiri. Tidak ada aturan baku dalam blog mesti menulis bahasa baku dan resmi dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Kadang kala saya menulis diblog tanpa tata bahasa yang baik. Sejak sekarang pun masih belum memahami tata bahasa yang baik EYD itu. Tapi menulislah dengan percaya diri melalui gaya bahasa sendiri. Adapun tata bahasa menulis bisa belajar sambil jalan. Buktinya sekarang penulis menjadi penulis. Walaupun penghasilannya belum besar. Tapi sekali lagi, penulis menekankan di sini pentingnya menulis dengan percaya diri dengan gaya bahasa sendiri.

Kembali lagi, kepada pengertian blogging, untuk berbagi pengetahuan dengan sesama blogger. Jadi setiap tulisan gaya bahasanya mesti tak sama. Tulisan yang berbeda mempunyai nilai lebih alias bisa laku dijual karena jarangnya. Kalau gaya bahasa sama setiap blogger tentu tidak ada perbedaan, tulisan akan sama, hambar. Tidak ada keistimewaan. Seseorang menjadi terkenal dan kayak arena gaya tulisannya berbeda dari orang lain. Hal ini bisa dilihat dari Raditya Dika yang menulis dengan gayanya hiperbolisme. Tentu orang punya selera sendiri terhadap gaya tulisan maka asahlah gaya tulisan anda sehingga enak dibaca, mudah dipahami dan mengalir apa adanya. Pertahankan gaya menulis anda. Jangan mencoba gaya bahasa yang tidak cocok dengan anda.

Adapun jika anda mengenal blogger maka blogger bersahabat dengan gaya tulisan yang berbeda. Gaya tulisan anda yang berbeda sangat disukai blogger. Karena itu tujuan blogging untuk sarana berbagi pengetahuan dan gaya penulisan. Pentingnya anda memiliki gaya bahasa sendiri yang disukai orang sehingga mereka mengenal anda dan menjadi langganan blog anda. kalau anda menulis dengan gaya bahasa sendiri ada dua orang yang akan menyenangi anda yaitu blog dan pembaca blog anda. jadi mengapa anda bingung, menulislah dengan gaya bahasa anda sendiri, dimana tulisan anda itu mesti mudah dipahami pembaca dan disukai pembaca. Jika begitu, kesuksesan menjadi seorang blogger telah anda raih sebagian. Selamat menulis dengan gaya bahasa anda yang menarik!!!

No comments:

Post a Comment