Monday 6 October 2014

Humor Membuat Tulisan Disukai Pembaca



Setiap orang butuh hiburan. Setiap orang butuh humor. Orang membaca tulisan bertujuan ingin bertambah wawasan dengan cara ada hiburannya. Membaca dengan banyak hiburan seperti humor dalam tulisan lebih banyak meresap ke otak dibandingkan membaca tanpa hiburan. Tulisan dengan tema njelimet jadi mudah dipahami jika tulisan itu sederhana dan dibumbui dengan humor.

Oleh sebab itu, tambahkan humor pada tulisan diblog. Menulislah dengan santai, jangan terlalu serius, dan hendaknya kadang-kadang diselipi humor. Menulis diblog bukanlah seperti menulis sebuah makalah atau jurnal ilmiah yang bahasanya baku, resmi, njelimet dan atuan lainnya. Justeru menulis diblog bahasanya sebebas-bebasnya. Bebas tapi terbatas. Menulis diblog bersifat santai agar enak dibaca. Kita kembali lagi ke fungsi blog yaitu sebagai sarana berbagi informasi dan pengetahuan. Jadi menulis diblig adalah sarana untuk berbagi informasi dan pengetahuan dengan bahasa yang enak dibaca. Seandainya jika kita berbagi pengetahuan dengan bahasa yang kaku, resmi dan tanpa humor pasti akan membuat bosan.

Saya pernah membaca tulisan diblog dengan dua tulisan berbeda. Yang satu   tulisan berbagi pengetahuan dengan gaya bahasa ringan, santai, dan sedikit bumbu humor. Adapun yang satu lagi tulisan yang resmi, tanpa bumbu humor. Saya menyukai tulisan yang pertama dimana tulisannya tidak resmi, melainkan santai, menyampaikan pengetahuan atau informasi secara santai, dan sedikit menghibur. Kata-katanya tidak resmi, kira-kira seperti inilah tulisannya “Begitulah cara bikin blog hanya butuh waktu lama menit, berhenti sejenak. Minum kopi dulu. Sruputtt. Ah….seger banget….sob. gimana siap lanjut?!. Istirahat dulu aja. Sobat, blog yang telah kita buat kemudian kita isi postingan”.

Nah, keahlian seseorang dalam memberikan bumbu humor kepada setiap postingan berbeda-beda. Anda perlu melatih memberi humor pada tulisan anda diblog. Karena ada blogger yang menulis postingan dengan humor justeru tidak menyenangkan humornya dimana humornya terasa kering. Maka latihlah membuat humor yang menyenangkan. Kalau mampu membuat humor yang menyenangkan dalam setiap postingan diblog maka kita bisa menjadi blogger selebritis yang dikenal orang. Seperti Raditya Dika adalah seorang blogger yang humoris. Jadi asahlah kemampuan humor untuk membuat pembaca tulisan anda tersenyum atau tertawa terbahak-bahak ketika membaca tulisan anda. untuk mendapatkan kemampuan humor yang baik, anda bisa melihat contoh tulisan yang memiliki humor yang  baik diblog-blog yang memiliki humor baik. Amati, tiru dan modifikasi humor itu dalam tulisan anda, lama-lama berlatih anda pun kelak lancar.

Selamat menulis diblog dengan bumbu humor. Semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment