Thursday 9 October 2014

Menulis Dengan Tema Lain, Siapa Takut



Menulis harus jelas sudut pandangnya. Apakah menulis dari sudut pandang pencerita atau dari sudut pandang tokoh utama. Sudut pandang dalam sebuah tulisan harus jelas, dan mengacu kepada siapa serta harus satu kesatuan sudut pandang. Sudut pandang yang tak jelas hanya akan mengacaukan sebuah tulisan.

Selain itu, menulislah terhadap tema yang anda sukai dan kuasai. Fokuslah pada tema tersebut. Menulis apa yang anda pahami membantu anda meningkatkan ilmu baru anda. Namun jika menulis apa yang anda kuasai dan senangi membuat anda menulis secara menyenangkan. Oleh karenanya, focus menulis apa yang anda kuasai dan senangi. Karena tulisannya pasti lebih berbobot atau berkualitas karena dihayati dan ditulis oleh pakarnya.

Tapi anda jangan terpaku dengan menulis apa yang anda kuasai dan senangi. Coba kembangkan kemampuan anda menulis tema-tema lainnya yang belum anda kuasai. Karena menulis membuat seseorang pintar. Suatu bidang tidak anda kuasai dan senangi karena anda belum terjun sepenuh hati ke bidang atau tema tersebut.

menulis
Menulis 
Saya pernah suatu kalu menulis tema baru tentang kesehatan. Tema yang sama sekali belum saya kuasai. Seperti berjalan di hutan belantara yang asing dan mengerika bagi saya. Tapi saya dengan sabar dan tabah serta berusaha menyenangkan menulis dengan prinsip insya Allah akan menambah ilmu baru saya. Maka saya menulis tentang kesehatan terutama pengobatan herbal daun sirih untuk meredakan sakit gigi. Saya ambil sumber referensi dari website-website tentang kesehatan. Lalu saya susun sedemikian rupa hingga menjadi artikel, lalu saya serahkan kepada yang membutuhkan.

Suatu waktu, saya mengalami sakit gigi. Menyedihkan. Lalu saya teringat pernah menulis tentang cara mengobati sakit gigi dengan daun sirih. Maka saya coba resep itu, dan saya berkyumur-kumur dengan air daun sirih. Dan tak lama kemudian, sakit gigi saya sembuh seratus persen. Sejak saat itulah saya menyenangi menulis tema tentang kesehatan. Berjalan waktu, seorang penulis jadi pakar kesehatan jika terus menerus menulis tema tentang kesehatan.

Robohkankah blok menulis, dengan menulis tema yang lain selain tema yang anda kuasai dan senangi. Hidup ini indah. Jangan terpaku pada satu tema. Masih banyak tema lainnya yang bisa anda tutlis sebagai bahan pelajaran bagi anda dan bagi pembaca lainnya. Menulislah Sekarang. Salam sukses.

No comments:

Post a Comment