Sunday 12 October 2014

Menulis Dengan Emoticon



Dalam setiap postingan diblog pastikan anda menggunakan kata-kata ramah dalam tulisan anda. Tulisan enak dibaca, mengalir apa adanya tanpa bertele-tele, dan sederhana, serius tapi santai. Mempergunakan emoticons sangat penting untuk memberikan kesan kita kepada pembaca seperti kita sedang gembira dan ramah serta selalu tersenyum. Suasana yang tegang menjdi cair lewat kata-kata dan emoticons ini. Itulah pentingnya emoticons.

Penulis pernah suatu kali ditawari peluang usaha oleh seseorang. Hal itu membuat penulis risih. Kemudian si penjual memberi tawaran bisnis kepada penulis. Penulis menolak tawaran bisnis itu untuk menundanya dalam waktu lama. Kemudian orang yang menawarkan bisnis itu, menyatakan ia bermaksud baik dan tidak berniat menjuali. Penulis takut ia marah. Memang ia sedikit marah tapi ia sisihkan emoticon senyum pada tulisannya. Penulis merasa ia tidak apa-apa. Suasana yang sempat tegang pun kembali mencair dengan gambar emoticons tersebut. Inilah maksud pentingnya sebuah emoticons pada tulisan.

Suatu waktu penulis pernah membaca tulisan yang da emoticonsnya dan tulisan yang tidak ada emoticonsnya. Tampak tulisan yang ada emoticonsnya enak dibaca. Dan kita bisa mengetahui perasaan penulis apakah ia gembira atau sedih lewat emoticons. Jadi kita bisa memahami perasaan dalam penulis itu. Kemudian saya baca tulisan yang tidak ada emoticonsnya. Tampak tulisan itu seperti tulisan-tulisan lainnnya yakni tulisan resmi, dan kadang kaku.

Penempatan emoticon perlu diperhatikan. Karena seringkali tulisan ada yang cocok diberi emoticons dan ada yang tidak. Misalnya karya ilmiah, atau tulisan resmi lainnya yang bahasanya EYD tidak pantas diberi emoticons. Emoticons cocok pada tulisan-tulisan tertentu seperti tentang kisah seseorang.

Keuntungan lainnya, dari tulisan dengan dibumbui emoticon adalah pembaca dapat memahami perasaan penulis dan apa yang anda sampaikan. Tulislah tulisan dengan dibumbui emoticon biar terasa serunya dan jiwanya. Tulisan tanpa emoticons terasa hambar.

Emoticons ada banyak bentuknya. Ada emoticons senyum gembira. Ada emoticon menangis sedih. Ada emoticons yang sedang berpayung. Gunakanlah emoticon itu pada tulisan anda dengan tepat. Jangan asal nempel emoticons.

Sudahkah anda berlatih menulis dengan emoticons? Selamat menulis dengan emoticon. Semoga sukses.

No comments:

Post a Comment