Saturday 4 October 2014

Menulis Tulisan Yang Disukai Pembaca



Berikut ini adalah tips agar tulisan kita disukai oleh pembaca, antara lain :
  1. Menulis dengan penuh percaya diri. Sebab belum tentu orang lain bisa menulis seperti anda. Tugas anda adalah menulis menyampaikan informasi.
  2. Menulis seperti anda berbicara kepada sahabat dekat anda. Tugas anda adalah menasehati sahabat anda. Tugas anda adalah berbicara kepada sahabat.
  3. Menulis seperti anda menggambarkan tentang sesuatu. Menulis dengan gaya show, tunjukkan dan gambarkan seperti seorang pendongeng
  4. Menulis dengan menggunakan kalimat yang bersifat informatif, aktif, sederhana dan mudah dipahami. Dalam menulis tulisan yang baik sebaikmungkin dihindari menulis kalimat pasif dan harus menulis kalimat aktif. Misalkan, mobil itu dikendarai Rita. Kalimat itu bersifat pasif. Maka anda harus mengubahnya menjadi kalimat aktif seperti berikut ini: Rita mengendarai mobil. Penggunaan kalimat-kalimat aktif ini terbukti banyak menghasilkan kaya bermutu dan sukses di pasaran. Para penulis terkenal dan professional menggunakan teknik ini : hanya menggunakan kalimat aktif dan sebisa mungkin dihindari penggunaan kalimat pasif. Resep ini pernah diucapkan oleh penulis terkenal Shakespeare. Oh begitu mudahnya menulis. Menulis hanya kalimat pasif. Menulis dengan hanya menggunakan kalimat aktif akan membuat tulisan indah, enak dibaca dan mudah dipahami, serta sederhana. Karena pembaca tulisan anda mungkin kecerdasannya biasa saja bahkan awam. Perlu menggunakan kalimat aktif agar tulisan anda tidak njelimet. Bahkan bisa dipahami kalangan awam sekalipun.
Selamat membuat tulisan dengan kalimat-kalimat aktif!

No comments:

Post a Comment