Friday 26 September 2014

Seputar Tulisan Non Fiksi



Salah satu jenis karya tulis adalah tulisan non fiksi (bukan khayalan). Karya tulis ini bersifat informatif berkaitan dengan hal-hal nyata. Karya tulis jenis ini biasanya dibuat berdasarkan pengalaman penulis sendiri atau pengetahuan dari penulis sendiri yang ia baca dan ketahui. Tujuan pembuatan karya tulis non fiksi sebagai bahan pembelajaran bagi orang lain (pembaca) dan bisa juga sebagai bahan pembelajaran bagi penulis itu sendiri.

Banyak sekali buku non fiksi yang beredar di masyarakat di Indonesia. Seperti buku membahas kesehatan, agama, budaya, dan lain lain. Begitupula, banyak sekali blog yang mengambil tema / niche non fiksi di tanah air. Seperti blog yang membahas internet marketing, blog berisi panduan atau how to, blog membahas kesehatan, psikologi, pendidikan, berita, motivasi, pengembangan diri, katalog bisnis, info produk, dan lain sebagainya.

Sekarang yang menjadi pertanyaan, bagaimana dengan Al Qur’an apakah tulisan itu termasuk fiksi atau non fiksi? Perlu diketahui bahwa Al Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan Allah SWT untuk umat manusia melalui Rasulullah SAW dengan perantaraan Malaikat Jibril. Jadi Al-Quran adalah jenis tulisan non fiksi sebab semua tulisan yang ada dalam Al Qur’an adalah kenyataan. Cerita-cerita para nabi adalah nyata. Kisah-kisah orang terdahulu yang diceritakan secara detail adalah kenyataan.

Untuk membuat tulisan jenis non fiksi ini biasanya membutuhkan sumber atau referensi. Dengan referensi tersebut sebagai bahan pembelajaran yang dapat dipertanggung jawabkan, apalagi jika sumber referensinya banyak dan berkualitas. Seperti skripsi membutuhkan sumber referensi atau bahan pustaka minimal 70 referensi. Tapi jaman sekarang tak usah risau dan khawatir tidak punya referensi. Cari saja referensi di Mbah Google, sebab semuanya sudah tersedia.

Tulisan non fiksi biasanya disukai oleh para akademisi, para pemikir atau para peneliti. Sedangkan tulisan fiksi biasanya disenangi oleh orang-orang pengkhayal berat.

Sekarang anda berbakat menulis fiksi atau non fiksi? Anda yang tahu. Yang jelas kembangkan bakat dan minat anda. jadikan itu pekerjaan anda. kalau saya bakatnya non fiksi. Lebih khususnya suka dunia cara nulis.

No comments:

Post a Comment