Wednesday 24 September 2014

Menulis Tiga Buku Dalam Tiga Bulan



Menulis Buku Satu Hari Satu Buku sebagai sebuah impian yang mesti diwujudkan. Walaupun pada kenyataannya susah. Sedangkan Agusmita menginginkan setiap orang dapat menulis tiga bulan tiga buku.
Pada dasarnya menulis satu hari satu buku ataupun tiga bulan tiga buah buku, itu merupakan hal yang bisa diwujudkan jika orang tersebut seorang penulis yang sangat mahir dan pengalaman banyak. adapun bagi penulis pemula rasanya berat mewujudkan ide tersebut, tapi bukan hal yang mustahil loh.
Kalau menulis buku hendaknya satu persatu.satu buku dulu selesaikan penulisannya sampai tuntas. Lalu disambung dengan buku baru berikutnya. Allah SWT berfirman:”Jika sesudah menyelesaikan suatu pekerjaan, maka dilanjutkan dengan pekerjaan baru berikutnya.”
Sedangkan jika menulis tiga buku dalam tiga bulan secara bersamaan ditakutkan terjadi proses tumpang tindih, kebingungan, dan bisa ketiga buku tidak diselesaikan semuanya. Karena untuk menyelesaikan tiga buah buku selama tiga bulan diperlukan ilmu yang cukup dan menulis yang mahir serta berpengalaman sekali.
Menulis tiga buah buku selama tiga bulan secara bersamaan itu agar kononnya tidak merasa jemu menulis. Jika jemu menulis buku yang satu maka bisa pindah menulis buku yang lain. Mungkin metode ini cocok bagi orang tertentu. Tapi ini tidak cocok bagi saya dan mungkin bagi orang lain penulis lainnya. Metode ini justeru akan membuat bingung dan penulis tak mampu menulis satu buku pun. Yang lebih baik adalah menulis satu buku hingga selesai, dengan target satu bulan selesai. Jika tiga bulan sudah menyelesaikan tiga buah buku. Sama saja kan. Memang dalam menulis buku suka ada rintangan mental yang biasanya penulis merasa jemu menulis tapi itu resikonya seorang penulis. Kiat-kiat menghilangkan rasa jemu mesti dihilangkan salah satu caranya adalah menulis dengan kreatifitas dengan penuh menyenangkan, beralih menghibur diri dulu, lalu mulai menulis lagi, rekreasi dulu lalu menulis lagi hingga selesai buku itu dalam satu bulan. Kok gitu aja repot.
Lihat saja penulis yang menulis tiga buku sekaligus maka ia sulit untuk bisa konsentrasi. Focus atau perhatian terpecah sehingga bisa mengakibatkan bingung, stress ataupun frustasi. Maka hindarilah menulis tiga buku sekaligus. Tetap yang terbaik adalah menulis satu buku dulu dalam satu bulan sehingga konsentrasi tidak terpecah atau focus. Itu adalah lebih baik dari metode tiga buah buku sekaligus.

No comments:

Post a Comment