Tuesday 23 September 2014

Kiat Mahir Dalam Menulis



Jika kita ingin mahir dalam menulis buku atau suatu tulisan maka kita harus banyak berlatih menulis. Latihlah menulis setiap hari secara konsisten, niscaya anda akan menjadi seorang penulis hebat berjalan waktu. Kalau anda menulis suatu tulisan tentu ingin orang lain menghargai tulisan anda. mereka tertarik akan tulisan anda.mereka menikmati tulisan anda.Oleh karena itu, anda bertanya, apakah tulisan saya sudah baik, apakah temanya menarik beli pembaca, apakah isinya menarik sehingga pembaca membeli buku saya, ataukah kira kira buku saya akan laju terjual, ataukah tidak laku buku saya, bagaimana jika saya yang mengira menyukainya tetapi tidak, apakah orang banyak akan membeli buku saya atau tulisan saya dengan penuh gairah atau passion, ataukah saya akan mengalami gagal total dengan tulisan saya dimana tidak ada pembeli atau pembacanya. Semua penulis mengalami perasaan was was seperti itu. Hal hal seperti itu wajar.
Untuk mengantisipasinya dengan cara menerbitkan buku atau tulisan itu. Lalu anda jangan pikirkan lagi, karena anda menganggapnya itu sudah cukup baik. Salah seorang teman saya mengatakan,"Biarkanlah sebuah tulisan atau buku menentukan nasibnya sendiri di pasaran. jangan hiraukan atau jangan pikirkan karena setiap tulisan atau buku mempunyai nasibnya masing-masing. membuat buku atau tulisan harus seperti orang buang air besar atau eek dimana tidak menghiraukan kotorannya lagi,biarlah selera pasar yang menentukan."

Jadi, untuk mengetahui pembaca meminati buku atau tulisan anda hanya bisa tempuh  dengan cara, menerbitkan buku atau tulisan anda tersebut.Setelah buku atau tulisan anda terbit, maka hati anda akan longgar. banyak kemungkinan yang akan terjadi. bisa saja pembaca menyenangi tulisan anda atau membeli buku anda. atau mereka tidak membeli buku anda. atau mereka membeli sedikit buku anda. semua kemungkinan itu bisa terjadi dalam penciptaan sebuah buku atau tulisan.

sama seperti yang saya alami, saya juga ketika menerbitkan tulisan sangat was-was apakah tulisan saya bagus atau tidak, diminati atau tidak, takut dianggap jelek, dikritik lalu dianggap tulisan buruk. akan tetapi saya tetap menerbitkan tulisan saya, dan alhamdulillah tidak ada yang menghina tulisan saya, paling-paling sedikit yang berkomentar karena kurang diminati atau mereka tidak tahu temanya yang rumit atau aneh itu.

Pendek kata, tidak semua tulisan atau buku anda akan laku atau diminati. yang penting terbitkan saja tulisan atau buku anda, kok resiko terburuknya cuman tidak ada komentar. tidak terjual. kan anda tidak rugi.Penerbit pun karena mereka memiliki modal yang kuat. kalo best seller anda dan penerbit untung.

kita bisa mencontoh penulis hebat. biasanya mereka menulis buku atau tulisan pertama, kedua, dan ketiga tidak diminati pembeli tapi ditulisan selanjutnya tulisan atau buku mereka menjadi laris. itu karena mereka belajar memperbaiki kualitas tulisan mereka sehingga terjadi peningkatan signifikan sambil belajar. mungkin mereka salah mengambil tema, dan mereka lalu merubahnya. lalu berhasil. tidak ada keberhasilan kecuali dengan dicoba walau gagal kelak akan berhasil,percayalah!!!

No comments:

Post a Comment