Tuesday 30 September 2014

Cara Menulis Karya Tulis



Apa yang dimaksud dengan karya tulis? Karya tulis berasal dari dua suku kata yakni karya yang berarti ciptaan. Dan tulis berarti melakukan aktifitas menulis huruf atau angka. Jadi bila digabungkan karya tulis adalah ciptaan manusia dalam melakukan aktifitas menulis berupa sebuah tulisan. Menulis bisa dilakukan lewat media apa saja, seperti tulang, batu, daun lontar, daun kering, batang pohon, kertas, computer, dan lain sebagainya.

menulis
Menulis itu sangat mudah. Orang yang jarang menulis akan merasa menulis itu sulit sekali. Tetapi bagi orang yang terlatih menulis, maka menulis sangat mudah seperti mengatakan apa yang kita katakan, atau menceritakan apa yang kita ingin ceritakan. Menulis sebagai curhat “curahan hati” sang penulis.

Lewat tulisan bisa diketahui pribadi kita. Kondisi jiwa kita saat menulis. Lihat saja tulisan yang acak-acakan akan menampakkan bahwa pribadi kita saat itu sedang kacau alias amburadul. Tulisannya yang enak dibaca, menghibur, informatif dan mengalir mengesankan bahwa kita sedang senang dan bahagia. Oleh seorang pakar tulisan, sebuah tulisan lamaran kerja dapat dilihat bagaimana karakter seorang penulisnya, jiwa dan kepribadiannya.

Salah satu cara menulis itu menjadi mudah dengan membuat kerangka karangan. Kita semua sudah mengalaminya ketika duduk di bangku sekolah dasar saat mata pelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Menulis kerangka karangan adalah tugas yang mengasyikkan. Tapi bagi saya menulis kerangka karangan tidak berguna karena saya memiliki pemikiran acak. Bagi saya kerangka karangan menghabiskan waktu percuma. Sebab dalam otak saya, kerangka karangan sudah ada.

Saya masih ingat saat duduk di kelas lima sekolah dasar, ketika musim liburan tadi ditugaskan untuk menulis karangan satu lembar polio. Saya bersama keluarga waktu itu berkunjung ke rumah kakek di kampung Sumedang. nah, di sinilah saya menulis karangan yang menceritakan kisah perjalanan saya ke kampung ini beserta aktifitas kegiatan saya. Saya menulis,”Setiba di kampung saya mendatangi kebun-kebun. Banyak buah-buahan di kebun seperti buah manggis, sawo, lengkeng, dukuh, rambutan dan lain sebagainya.”

Memang kerangka karangan itu sangat membantu agar tulisan tidak acak-acakan alias amburadul. Misal membuat kerangka karangan tentang Cara Memasak Nasi Goreng maka pointnya adalah :
Asal Usul Nasi Goreng
Sejarah Nasi Goreng
Jenis-Jenis Nasi Goreng

Kerangka karangan sangat membantu penulisan sebuah buku atau karya tulis lainnya. Karena kerangka karangan mempermudah membuat karya tulis agar lebih runtut, sistematis dan mengalir. Tetapi sebagian penulis ada yang tidak usah membuat kerangka karangan dalam menulis. Hanya mungkin dibutuhkan sewaktu-waktu saja jikapikirannya macet. Seperti saya .

Sekali lagi, kerangka karangan tidak berarti bagi saya. Karena otak saya sudah ada gambaran mengenai kerangka karangan sebuah tulisan. kerangka karangan tidak perlu ditulis lagi, sebab sudah ada dalam otak. Ini mungkin akibat jam terbang atau kemahiran saya dalam menulis yang sudah tinggi.

No comments:

Post a Comment