Monday 29 September 2014

Cara Menulis : Mendaur Ulang Tulisan



Mendaur ulang ide orang lain diperbolehkan asalkan tidak melakukan copas alias copy paste. Copas alias copy paste melanggar hak cipta orang lain. Sebuah ide dalam tulisan orang lain bisa kita ramu dalam bentuk tulisan kita sendiri, dengan sumber-sumber baru, dengan bahan-bahan baru. Dengan menambahkan bahan-bahan baru atau sumber-sumber baru ini berarti menjadi nilai lebih tersendiri bagi tulisan baru anda. Tulisan anda menjadi fresh, up to date, sesuai perkembangan situasi saat ini serta tidak terkesan basi atau jadul alias jaman dulu. Inilah yang diburu oleh para pembaca.

Sejak sekarang mungkin anda bisa membuka rak-rak buku anda dan mencari koleksi buku-buku lama. Kemudian ide-ide dari buku-buku lama tersebut diubah menjadi buku baru yang fresh, up to date sesuai perkembangan saat sekarang yang anda tulis sendiri dengan bahan-bahan baru dan sumber-sumber baru. Hendaknya anda menulis dengan bahasa anda sendiri, yang mudah dipahami oleh orang lain, enak dibaca, dan alurnya semengalir mungkin.

Dalam tulisan anda hendaknya ada pesan positif yang ingin disampaikan. Inilah tujuan penulisan buku untuk memberikan ilmu baru bagi pembaca atas segala hal yang dibicarakan dalam buku anda. jadi pembaca tidak percuma mengeluarkan uang untuk membeli tulisan anda atau buku anda karena ada banyak manfaatnya bagi mereka. Pembaca tidak percuma mengeluarkan pulsa untuk membuka website anda karena banyak manfaat yang mereka dapatkan ketika membaca tulisan anda diblog.

Siapkah dan mampukan anda mendaur ulang tulisan lama?

No comments:

Post a Comment