Monday 22 September 2014

Jenis Tulisan Yang Banyak Diminati



Jenis Tulisan Yang Banyak Diminati-Seseorang yang menulis tentu ingin tulisannya dibaca orang banyak lalu dihargai oleh orang banyak, kemudian bermanfaat bagi orang banyak. itulah pentingnya tulisan best seller dimana dakwah kebaikan lebih luas dapat dirasakan masyarakat.
Salah satu unsur tulisan adalah daya tarik. Untuk meningkatkan daya tarik calon pembaca tentu harus dimulai dengan judul yang menarik. Judul kalau diibaratkan dalam tubuh manusia adalah kepala manusia. Dimana manusia jika sedang berbicara atau melihat manusia lainnya dengan cara melihat kepala terlebih dahulu. Atau manusia selalu melihat muka kepala orang lain. Itulah pentingnya kepala atau judul dalam tulisan.
Setelah calon pembaca tertarik dengan judul tulisan, selanjutnya tugas penulis adalah membuat isi dari tulisan atau judul itu lebih menarik pembaca sehingga pembaca merasa puas dan terhibur. Tulisan yang menarik adalah tulisan yang runut, enak dibaca dan bahasanya mengalir serta ringan dibaca.
Tulisan anda menjadi perhatian orang atau menarik banyak pembaca itu memiliki beberapa keuntungan dari segi anda dan penerbit. Dari segi penulis atau anda, anda akan dikenal banyak orang alias terkenal, anda dianggap pakar atas tulisan anda tersebut, anda mendapatkan royalty besar atas tulisan yang banyak peminat tersebut, dan keuntungan lainnya. Sedangkan keuntungan dari penerbit adalah mendapatkan keuntungan materi dengan penjualan tulisan anda yang laris manis, buku atau tulisan anda tidak menumpuk di gudang, dan keuntungan lainnya.
Adapun tulisan yang banyak peminatnya, antara lain :
  1. Hal yang paling atau sangat. Sama seperti acara di televisi swasta Trans7, onthespot. Seperti tujuh manusia teraneh, tujuh keajaiban dunia di Indonesia, tujuh manusia terpandai, tujuh manusia terbodoh, sepuluh manusia tertinggi, bunga tertinggi di dunia, dan lain-lain. Itu adalah tulisan yang menarik perhatian pembaca. Mengapa demikian? Karena sesuatu yang paling atau sangat adalah sesuatu yang langka atau satu-satunya di dunia ini sehingga menarik perhatian pembaca atau publik. Tema itu bernilai dimata publik.
  2. Kejutan. Tulisan ini biasanya cocok untuk cerpen ataupun novel. Dimana anda memberikan kejutan di setiap alur ceritanya. Begitupula pada bagian akhir cerita, anda memberikan kejutan pada pembaca. Misalnya sang tokoh utama meninggal dunia, biasanya novel diakhiri dengan cerita happy ending atau bahagia. Saya pernah membaca cerpen dari penulis Timur Tengah, ceritanya sangat sederhana tentang penarik delman tapi di akhir ceritanya sangat sangat surprise dimana ada kejadian tak terduga dimana anaknya berniat tidak memberinya. Begitupula dengan ibunya. Kejutan-kejutan dalam cerita novel atau cerpen sangat menghibur, dan ini dicari orang. Novel best seller pun biasanya adalah novel yang penuh kejutan.
  3. Hiburan. Manusia suka hiburan. Apalagi saat ia suntuk. Oleh sebab itu, buatlah tulisan yang menghibur karena itu akan diburu para pembaca.
  4. Menginspirasi. Selanjutnya tulisan yang banyak diminati adalah tulisan yang menginspirasi. Itu adalah inti pokok sebuah tulisan. tulisan yang baik harus menginspirasi bagi pembaca. Inspirasi dalam berbuat baik. Inspirasi cara melakukan sesuatu pekerjaan dengan lebih baik. Seperti tulisan how atau panduan, itulah salah satu contoh tulisan yang menginspirasi yang paling banyak diminati orang lain.
  5. Suatu yang baru. Tulisalah hal-hal baru seperti topic-topik baru, atau cerita-cerita baru. Karena hal itu akan lebih menarik perhatian orang . contohnya Andrea Hirata dengan gaya penulisan baru dalam nivelnya Laskar Pelangi yang menceritakan kehidupan nyata bukan fiksi. Itu adalah hal yang baru dan disukai oleh orang banyak. best seller
  6. Alur ceritanya bagus. Cerita yang bagus seperti film dengan alur cerita yang bagus akan selalu dinanti nanti oleh orang. Maka buatlah tulisan atau novel dengan alur cerita yang bagus sehingga dinanti-nanti oleh pembaca atau orang banyak. pembaca akan terus membaca novel anda walau beratus halaman karena alur ceritanya bagus membuat mereka asyik. Saya juga pernah menonton film dengan alur cerita bagus seperti Mahabarata sehingga selalu menanti cerita selanjutnya
  7. Humor. Humor adalah sesuatu yang menyenangkan bagi manusia. Oleh karena itu, buatlah tulisan humor. Atau tulisan anda harus disertai humor untuk menyegarkan pembaca atau menarik perhatian pembaca.

No comments:

Post a Comment