Tuesday 30 September 2014

Bikin Karya Tulis Melalui Kerangka Karangan



Saat ini tidak ada istilah karya tulis atau buku tidak selesai. Semua bisa diselesaikan dengan bantuan kerangka karangan. Jika tulisan belum selesai-selesai berarti ada yang salah dalam menulis, bisa karena kesalahan tidak menggunakan kerangka karangan, atau bisa karena membuat kerangka karangan yang salah, ataupun karena kurangnya referensi tentang tulisan tersebut. Oleh karena itu, cara yang paling mudah memperbanyak referensi dengan cara browsing di internet mengenai point-point dari kerangka karangan tersebut.

Seringkali point-point dari kerangka karangan bercampur aduk dengan point-point sebelumnya, bahkan bercampur aduk dengan tema itu sendiri. Hal ini memerlukan keahlian penulis dalam membuat kerangka karangan. Tidak boleh sembarangan membuat kerangka karangan. Membuat kerangka karangan harus jeli, cermat, dan akurat serta terfokus. Kalau sudah ahli membuat kerangka karangan seperti itu pasti mudah membuat karya tulis sesulit apapun bahkan setebal apapun. Kuncinya kerangka karangan yang jelas, dan runut.

Pendek kata, pada dasarnya, kerangka karangan bermanfaat sekali untuk mempermudah penulisan karya tulis seperti buku. Kerangka karangan tidak berlaku bagi penulis yang sudah berpengalaman. Acapkali penulis berpengalaman dan ahli tidak membutuhkan kerangka karangan dalam menulis. Tapi itu sebagian. Sebagian lagi penulis berpengalaman dan ahli masih membuat kerangka karangan untuk mempermudah proses penulisannya. Mereka penulis ahli dan berpengalaman masih membutuhkan kerangka karangan, apalagi bagi penulis pemula sudah tentu sangat memerlukan pembuatan kerangka karangan dalam membuat karya tulis/buku. Jadi jangan ragu ketika anda macet dalam menulis gunakan kerangka karangan untuk membantu anda.

Contoh kerangka karangan yang baik dan benar sebagai berikut :
Tema : Tahu Sumedang
# Asal Usul Tahu Sumedang
  1. Sejarah Tahu Sumedang
  2. Jenis-Jenis Tahu Sumedang
# Bahan-Bahan Membuat Tahu Sumedang
  1. Bagaimana memilih kacang kedelai yang baik
  2. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan
# Proses Pembuatan
  1. Cara meramu bahan Tahu Sumedang
  2. Proses dan Langkah-Langkah Meramu Tahu Sumedang
  3. Lama Waktu Yang dibutuhkan Membuat Tahu Sumedang

Itulah salah satu contoh kerangka karangan yang bisa anda kembangkan sendiri, sesuai dengan tema yang anda ambil. Kerangka karangan itu bermanfaat sekali bagi anda level pemula, untuk memudahkan menulis karya tulis/buku semudah membalikkan telapak tangan. Asalkan anda rajin, tekun dan cermat serta sabar pasti anda mampu menghasilkan karya tulis/buku. Setelah itu anda pasarkan pada penerbit atau melalui blog. Maka anda akan bisa kaya raya dari menulis. Selamat menulis sobat!

No comments:

Post a Comment