Sunday 28 September 2014

Cara Menulis : Buntu Menulis, Tidak Lagi !



Ilmu mengatasi kemacetan dalam menulis adalah sebagian dari ilmu menuju jalan kesuksesan seorang penulis. Seorang penulis yang mahir dan berpengalaman, ia mampu untuk keluar dari krisis ide dan justeru melimpahinya dengan banyak ide yang mengalir deras dalam otaknya yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan. 

menulis
Berikut cara-cara mengatasi kemacetan dalam menulis:
  1. Pergi ke toko buku. Cara ini efektif jika toko buku dekat dengan lokasi rumah anda. jika jaraknya jauh maka akan memakan biaya dan waktu yang besar
  2. Browsing di internet. Cara ini efektif bila anda memiliki paket internet yang murah meriah, seperti Paket Kuota 8 GB yang diluncurkan Indosat. Hasil yang maksimal untuk menyembuhkan krisis ide bisa dilakukan melalui cara ini. Di internet informasi apa saja ada. Anda tinggal mengetikkan sesuatu yang anda cari di mesin pencarian Google, maka ribuan bahkan puluhan ribu situs yang membahas apa yang anda cari akan terpampang khusus buat anda pelajari. Kelebihan cara ini dibandingkan dengan cara pergi ke toko buku, lebih efektif cara ini. Browsing di internet hanya memerlukan beberapa detik, maka terpampanglah apa yang anda cari. Lalu buka situs dan pelajari, maka ide mengalir deras. Berbeda dengan pergi ke toko buku mesti mencari-cari buku yang menyegarkan pikiran, yang biasanya memakan waktu cukup lama, dimana bisa mencapai setengah jam.
  3. Mendengarkan musik. Tidak salah anda mencoba teknik ini. Bila anda mengalami krisis ide maka berhenti dulu, dan dengarkan musik yang anda sukai. Menurut pengalaman seorang penulis fiksi, mendengarkan musik bisa menyegarkan kembali pikiran yang krisis ide. Kalau saya sih dulu kalau jenuh menulis biasanya suka mendengarkan musik sambil menulis dan ternyata bisa menyelesaikan sebuah tulisan. Membuat membuat hati kita senang, otak emosi kita tersalurkan, sehingga menulis sambil dengarkan musik sama dengan menjalankan otak kanan dan kiri. Perlu dicoba cara ini
  4. Menonton acara tivi yang anda sukai
  5. Mendegarkan radio yang anda sukai
  6. Membaca buku atau surat kabar yang anda sukai
  7. Mengunjungi situs yang berisi gudang artikel. Misalnya situs berita seperti Tempo.co memiliki banyak kategori atau tema. Maka anda bisa mencari tema yang anda sukai. Hal itu bisa menguraikan kebuntuan menulis. Apalagi tema dalam situ situ akan memuat tulisan atau terbaru saat ini.

Jadi camkan saat sekarang. Tidak ada lagi krisis ide atau buntu dalam menulis. Langkah-langkah diatas mampu untuk mengatasi kebuntuan menulis. Wujudkan mimpi anda menjadi penulis, terus menulis dan menulis. Hadiahkan tulisan anda bagi dunia. Gegerkan dunia dengan hasil karya anda yakni sebuah tulisan yang wow spektakuler dan fenomenal.

No comments:

Post a Comment