Tuesday 30 September 2014

Membuat Karya Tulis Itu Gampang Sekali



Seseorang sering menginginkan ingin menulis ini, ingin menulis itu. Tapi kenyataannya tidak selembar pun yang ia tulis. Ia macet dalam menulis. Padahal ada beberapa trik mengatasi macet dalam menulis seperti sudah dibahas sebelumnya. Menulis membutuhkan rasa nikmat dalam menulis serta sabar dan konsisten.

Membuat karya tulis itu gampang sekali bagi orang yang ahli dan mampu untuk menulisnya. Bahkan bagi pemula pun menulis itu mudah kalau ia mau belajar. Membuat karya tulis itu menjadi gampang karena beberapa sebab diantaranya:

  1. Menikmatinya. Menikmati dalam pembuatan karya tulis akan membuat kita asyik. Tak terasa selembar demi selembar telah ditulis. Lalu berjumlah puluhan hingga ratusan, bahkan ribuan lembar. Lihat saja penulis terkenal JK Rowling yang menulis novel Harry Potter, ia begitu menikmati proses pembuatan novel Harry Potter. Bahkan ia menulis novel tersebut dalam sehelai kertas tisu. Ia menikmati proses pembuatannya hingga tak terasa novelnya berjumlah puluhan ribu halaman. Seorang bijak menyatakan,”Sesuatu itu mudah dan tidak ada yang mengalahkannya kecuali dengan cinta.” JK Rowling menulis novel tersebut dengan penuh cinta, tidak memerlukan banyak pengetahuan, melainkan beliau menulis menggunakan dengan penuh imajinasi dan perasaan halus terdalam (seni/estetika).  Hasilnya novel Harry Potter best seller di seluruh dunia. Dinantikan anak-anak dan orang dewasa. Filmnya menjadi box office pula.

  1. Menentukan tema. Sebelum mulai menulis maka tentukan tema terlebih dahulu. Apa tema yang akan ditulis? Kesehatan, pendidikan, internet, dunia kerja, pengembangan diri, berita terkini, berita selebritis, film, sastra olahraga dan lain-lain. Sekali lagi tentukan ide tema anda sekarang juga.

  1. Membuat Kerangka karangan. Setelah menentukan tema yang dituju secara spesifik, maka selanjutnya membuat kerangka karangan. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Kerangka karangan untuk mempermudah dalam penulisan karya tulis. Buatlah point-point yang ingin anda tulis dari tema tersebut. Kemudian mulailah menulis dengan menikmatinya.

Demikian sebagian cara membuat tulisan bermutu. Untuk cara menulis karya tulis selanjutnya akan diulas pada esok hari. Tetaplah di blog caranulisindah.blogspot.com.

No comments:

Post a Comment