Saturday 27 September 2014

Nonton Tivi dan Radio Berguna Untuk Penulis



Saya tak henti-hentinya mengingatkan anda mengenai pentingnya mengatasi kemacetan dalam menulis ini. Karena kemacetan dalam menulis adalah penyakit nomor satu seorang penulis yang wajib diberantas. Seperti penjahat saja,he,,,bagaimana bisa menghasilkan suatu tulisan jika macet dalam menulis. Oleh sebab itu, perlu upaya agar kemacetan dalam menulis tidak berlarut larut.

menulis
Diibaratkan, jika lalu lintas macet, maka kendaraan akan lama sekali sampai di tujuan, bahkan tidak sampai ke arah tujuan kalau mandeg sama sekali. Begitu pula dalam menulis, akan lama sampai ditujuan jika mengalami kemacetan menulis, bahkan jika berlangsung terus menerus akan membuat anda tidak sampai di tujuan dalam menghasilkan suatu karya tulis. 

Salah satu kiat mengatasi macet hampir mirip dengan browsing di internet adalah mengunjungi situs yang memuat banyak artikel yang berhubungan dengan yang anda tulis. Di situs itu biasanya terdapat banyak kategori atau topic. Maka pilihlah kategori sesuai yang anda suka dan tulis. Pelajarilah sebagai bahan referensi untuk mengalirkan ide menulis anda. 

Langkah selanjutnya mengatasi hambatan kemacetan dalam menulis adalah menonton acara televisi dan mendengarkan radio. Aktifitas ini seringkali membuat seseorang mendapatkan ide baru dari apa yang ditulisnya. Ide baru yang berkenaan dengan topic yang dipilih. Ini masuk akal sekali bahwa menonton televisi dan mendengarkan radio dapat mengatasi hambatan macet dalam menulis, karena kedua aktifitas itu bersifat menerima data/ input. Dan sesuai teori menulis barangsiapa yang menerima data/input maka akan mudah sekali mengeluarkan data dalam bentuk menghasilkan sebuah tulisan yang disebut output. 

Maksud nonton tivi dan mendengarkan radio di sini adalah menonton tivi yang bagus dan disukai. Begitupula mendengarkan radio yang siaran berkualitas isinya bagus dan disukai serta berhubungan dengan topik yang anda tulis. Saya menyaksikan siaran televise Trans7 Hitam Putih itu mencerahkan saya sehingga mengalir ide deras dalam kehidupan saya. Pada dasarnya semua acara dan tayangan di televisi dan radio bisa mendatangkan ide dan mengatasi macet dalam menulis. Karena kedua aktifitas itu bersifat input/menerima data.

Acara tentang selebritis pun kalau anda cermat bisa saja menjadi inspirasi bagi anda untuk melancarkan kegiatan menulis.

No comments:

Post a Comment