Sunday 28 September 2014

Cara Menulis : Antara Ide Segar dan Ide Lama Yang Didaur Ulang



Ide ada dimana-mana. Ia berserakan di udara dunia ini. Setiap orang mempunyai pikiran dan ide masing-masing. Begitupula anda memiliki ide kan?Dari ide-ide itu ada yang dilaksanakan dalam kehidupannya. Dan ada yang dibiarkan tanpa dilakukan. Hanya sekedar ide. Kemudian ide-ide itu melayang di angkasa jagat raya. Sebagian ada yang mampu menangkap. Dan sebagian melepaskannya. Ide yang dahulu bisa didaur ulang menjadi ide baru yang segar, fresh, dan menyenangkan.

Gagasan itu terbagi dua, yaitu ide baru dan ide lama yang didaur ulang atau istilahnya rewrite. Seorang penulis bebas menentukan apakah akan menulis ide baru ataukah menulis ulang ide orang lain. Sekali lagi terserah anda. jika dilihat dari kelebihan dan kekurangannya masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi menurut pandangan saya, menulis ide baru atau lama ditentukan oleh kita sendiri. Maksudnya begini, jika anda mudah menghasilkan karya tulis melalui ide lama maka lakukanlah. Itu passion, kelebihan anda. fokus pada ide lama yang ditulis ulang. Jika anda ingin mencari ide baru maka lakukanlah.

Kalau menulis ide baru maka anda mesti mencari-cari ide baru tersebut dan kadang membutuhkan waktu cukup lama. Sedangkan jika anda menulis ulang tema lama maka dengan browsing di internet atau membaca buku orang lain maka bisa dibuat tulisan daur ulang dengan cepat. Kelebihan ide lama adalah begitu mudah dan cepat untuk didaur ulang menjadi tulisan baru. Adapun tulisan dengan ide baru, kelebihannya adalah menarik minat orang lain, dimana tulisan baru itu cenderung laris manis atau best seller diperhatikan banyak orang.

Ada yang mengatakan tidak ad ide baru di dunia ini. Semuanya ide lama yang di rewrite atau diubah sehingga seolah-olah itu ide baru. Memang ada benarnya. Kebanyakan tulisan-tulisan sekarang bertema ide lama yang ditulis ulang. Tetapi ada pula ide baru di dunia ini. Dimana setiap hari ada ide baru di dunia ini. Dunia ini tidak akan kekurangan ide. Justeru semakin bertambah tua dunia ini, maka bertambah banyak ide di dunia ini. Seperti dulu sebelum tahun 1980an belum ada istilah internet marketing atau blogging. Tapi setelah itu tepatnya setelah ditemukan jaringan internet, blog dan dot com maka timbullah topic baru yakni internet dan blogging.

No comments:

Post a Comment