Thursday 25 September 2014

Menulis : Antara Ibadah dan Materi



Banyak sekali manfaat yang didapat dari kegiatan menulis. Hobi, menghilangkan stres juga bisa menghasilkan uang. Penulis pun beberapa kali pernah menghasilkan uang dari kegiatan menulis, sejak penulis kuliah sampai sekarang ini. Sewaktu kuliah, penulis bekerja sebagai penulis lepas khusus biografi di perusahaan Pusat Profil dan Biografi Indonesia. Lumayan penghasilan untuk menambah uang saku dan uang jajan. Perlu diketahui, sampai sekarang penulis masih berhubungan baik dengan kepala perusahaan Pusat Profil dan Biografi tersebut. Dimana, kalai ada proyek menulis saya selalu dihubunginya untuk dimintai kerjasamanya. Lalu sekarang pun karena semakin canggih dunia ini, saya tetap menggeluti kegiatan menulis tapi melalui dunia online. Dimana menulis untuk mengisi konten blog. Penghasilan dari pekerjaan ini terbilang lumayan besar apalagi jika mengisi blog bukan satu melainkan puluhan blog. Bisa dibayangkan berapa penghasilannya?!

Kalau sudah menjadi sebuah tulisan maka tugas berikutnya adalah menerbitkannya. Banyak cara untuk menerbitkan sebuah tulisan seperti buku maupun blog. Adapun mempublikasikan tulisan melalui blog sangat dianjurkan. Karena publikasi melalui blog dapat dilakukan secara gratis melalui blogspot atau wordoress, juga dapat dilihat banyak orang dari seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Inilah yang disebut keampuhan blog. Kegiatan ngeblog tidak terlepas dari kegiatan menulis karena didalamnya harus menulis atau mengisi konten blog itu minimal setiap hari satu tulisan. setelah tulisan diposting dalam jumlah banyak dalam satu hari itu, maka mesin pencarian seperti Google akan menempatkan blog anda dalam halaman pertama karena sering diupdate setiap hari dalam jumlah konten yang banyak. selanjutnya, pengunjung akan datang sendirinya karena blog anda berada di halaman pertama. Bisa saja pengunjung perhari bisa mencapai ribuan. Setelah itu anda memasang pemasangan space iklan mandiri dan mengikutsertakan pada program Google adsense. Jadi dari kegiatan menulis selain anda bisa berbagi pengetahuan atau memberi jalan kebaikan kepada orang lain, anda bisa menghasilkan uang dari menulis. Pokoknya, asyik sekali kegiatan menulis ini.

Menulis sebagai lahan ibadah kepada Allah SWT karena menulis mentransfer ilmu pengetahauan. Selain sebagai ibadah kepada Allah SWT, menulis juga lahan ibadah untuk menghasilkan uang. Maka dari sekarang belajarlah cara menulis indah. Maksud menulis indah adalah suatu kegiatan menulis yang membuat kita senang atau terhibur dari aktifitas  menulis itu dan orang lain pun merasa senang gembira dan terhibur dari tulisan kita. Jadi bukan hanya kita yang terhibur dan senang dari kegiatan menulis tapi orang lain pun senang atau terhibur dari kegiatan menulis kita. (élan/5)

No comments:

Post a Comment