Friday 19 September 2014

Menulis Dan Manfaatnya ??!



Menulis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah membuat huruf atau angka dengan menggunakan alat tulis seperti pena, kapur, pensil, dan lain sebagainya. Jadi menulis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia itu sudah ketinggalan jaman. Kamus itu dibuat pada era belum ada computer, belum ada teknologi canggih sekarang ini. Kalau menulis disesuaikan dengan zaman sekarang adalah suatu kegiatan membuat huruf atau angka menggunakan alat tulis seperti pena, pensil, keyword pada komputer, keyword pada handphone dan lain sebagainya.

Karena menulis sekarang sudah jarang menggunakan alat tulis seperti kapur. Justeru sering menggunakan computer dan handphone. Itu juga sama, sms-an atau mengetik huruf di media elektronik itu sama dengan menulis. Jadi arti menulis itu luas, dan manusia tidak bisa lepas dari kegiatan menulis seperti SMS. Adapun orang yang tiap hari menulis di media computer lewat blog bisa disebut blogger. 

Kegiatan menulis sekarang ini menjadi suatu hobi, bahkan menjadi pekerjaan yang bermanfaat yang mampu menghasilkan uang. Banyak sekali penulis yang menggantungkan hidupnya dari pekerjaan menulis, seperti penulis sukses, blogger sukses. Contohnya Ayu Utami, Dewi Lestari, Habiburrahman El Shirazy, dan lain sebagainya.

Menulis dapat pula menjadi hobi karena menulis dapat menyehatkan badan. Dimana curahan hati kita tersalurkan lewat kegiatan menulis. Sehingga pikiran kita tidak terkungkung tapi bebas. Beban pikiran tersalurkan. Tidak menjadi beban pikiran yang bisa mengakibatkan stress. 

Adapula orang yang menjadikan kegiatan menulis sebagai hobi dan pekerjaan yang menghasilkan uang. Inilah tahap tertinggi seorang penulis. Menulis bukan hanya bermanfaat bagi si penulis sendiri tapi juga bermanfaat bagi orang lain dari tulisan yang disampaikannya seperti profesi seorang wartawan. 

Karena setiap orang bisa mengetik SMS, maka setiap orang bisa menulis. Menulis adalah kegiatan umum, lumrah bagi manusia. Setiap orang bisa melakukannya jika ia mau. Itu adalah kebiasaan dasar manusia. 

Keuntungan-keuntungan menulis antara lain :
  1. Menulis dapat menambah pengetahuan kita atas bidang yang kita tulis sehingga kita bisa menjadi ahli bidang tersebut
  2. Menyalurkan hobi atau pikiran sehingga menyenangkan atau tidak stress
  3. Membangun nama baik kita sebagai pakar di bidang tersebut
  4. Membangun kreatifitas. Menulis adalah proses kreatifitas. Seseorang yang kreatif dibutuhkan dalam kepenulisan. Ia akan dihargai pembacanya.
  5. Dan lain-lain manfaat
Kalau anda tahu betapa besarnya manfaat kegiatan menulis. Mengapa anda tidak menulis sekarang sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri. Habiburahman El Shirazy saat sakit menulis Novel Ayat-Ayat Cinta untuk mengungkapkan kerinduan akan Mesir. Justeru dari tulisannya itu, ia dapat materi Rp.1 Milyar lebih dari buku tersebut, baik dari royalty, hak siar, ceramah, undangan dan lain sebagainya.
(élan/4)

No comments:

Post a Comment