Saturday 27 September 2014

Ide Adalah Jantung, Otak, Darah Seorang Penulis



Ide itu apa sih? Ada yang mengatakan ide itu nafasnya penulis. Memang benar. Bagaimana dihasilkan suatu tulisan jika ide itu macet, tentu tidak akan diproduksi suatu tulisan. ide adalah darahya seorang penulis. Ide adalah jantungnya seorang penulis. Ide adalah otaknya penulis. Ide adalah intinya menulis. Ide adalah kunci sukses tidaknya seorang penulis. Penulis yang tidak mempunyai ide, ia tidak bisa disebut penulis. Penulis adalah orang yang selalu dipenuhi ide kemudian menuangkannya dalam sebuah tulisan baik fiksi ataupun non fiksi.

Ide bisa didapat dimana saja. Salah satu cara agar senantiasa seorang penulis dipenuhi ide adalah dengan selalu mencari ingin tahu atas tiap-tiap sesuatu yang ingin ditulisnya, dengan cara bertanya kepada diri sendiri dengan membuka banyak referensi, ataupun bertanya kepada orang lain. Penulis bisa dikatakan sama dengan profesi seorang wartawan, yang tugasnya mencari berita lalu melaporkan dan menerbitkannya. Tentu, untuk mencari berita dibutuhkan rasa ingin tahu tentang bidang atau berita yang akan ditulisnya. Begitupula dengan penulis harus memiliki rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang ingin ia tulis atau terhadap semua yang ada di sekelilingnya. Kalau rasa ingin tahu ini hilang maka jangan jadi penulis. Karena DNA seorang penulis adalah memiliki sifat atau karakter ingin tahu.

Jika anda hendak menulis langkah pertama adalah menentukan ide. Ide apa yang hendak anda tulis. Itulah arti pentingnya ide. Anda tidak akan bisa menulis satu bait pun kalau tidak punya ide. Ide bagaikan sebuah emas bagi penulis. Ide cemerlang bisa membuat kaya seorang penulis. Ide itu sama dengan input atau masukan. Kalau inputnya banyak maka idenya pun akan banyak. input atau masukan ilmu itu bisa didapatkan dari berita di surat kabar, membaca buku, browsing di internet, mewawancarai seseorang, bercakap-cakap dengan seseorang, melihat daerah di sekeliling, dan tak kalah penting bahwa ide bisa didapatkan dari pengalaman nyata seseorang dan lain lain.

Pertanyaannya sekarang dimana anda bisa mendapatkan ide? Tadi sudah disebutkan ide bisa didapatkan dari pengalaman seseorang. Biasanya ide sangat mudah muncul dari bidang yang ia minati, ia sukai dan ia kuasai. Contohnya jika anda menyukai game online maka mudah sekali bagi anda menulis tentang game online. Banyak ide di kepala anda diluar kepala Karena anda menyukai dan menguasainya berdasar pengalaman anda. betul bukan?

Yang perlu diketahui oleh calon penulis bahkan penulis sendiri, bahwasanya ide itu ada dimana-mana. Ia ada di udara bebas setiap detik. Tugas ada harus ditangkap ide-ide cemerlang tersebut lalu dituangkan ke dalam bentuk sebuah tulisan. dan diterbitkan dalam betuk buku fisik atau ebook atau melalui media blog.

Sekali lagi mahalnya ide. Karena dari ide seseorang bisa kaya raya, misalnya JK Rowling mendapatkan sebuah ide tentang sekolah penyihir. Maka idenya itu membuatnya kaya dengan menuangkannya pada sebuah tulisan bentuk Novel yang berjudul Harry Potters yang jumlah halamannya ribuan.

No comments:

Post a Comment