Wednesday 19 November 2014

Mendongkrak Penjualan Buku Dengan Internet

Internet membawa perubahan positif bagi perkembangan penulis, baik dalam proses menulis suatu tulisan maupun setelah jadi suatu tulisan dalam bentuk buku. Seperti telah disebutkan sebelumnya, menulis buku jadi sangat mudah dengan menggunakan blog. Hal ini telah saya alami. Menulis menjadi terasa menyenangkan dan ini seperti tidak menulis sebuah buku yang tebal. Menulis sambil santai. Menulis saat sibuk. Semua orang dapat menulis sebuah buku dengan bantuan blogger. Dengan demikian, anda berkesempatan besar menjadi terkenal berpenghasilan besar dan dilanjutkan penulis terkenal.

Ada kisah nyata, Seorang penulis yang berhasil menerbitkan sebuah buku fisik maka setelah mengenal internet, ia lalu mempublikasikan diri lewat internet. Ia memperkenalkan diri di internet, buku-buku yang telah ditulisnya, tulisan yang dihasilkannya berupa tips atau pedoman atau hal-hal umum lainnya, dan membuat blognya lalu menyapa para pengunjungnya dengan ramah. Dengan demikian orang banyak akan mengenalnya. Jika telah mengenal akan timbul rasa sayang. Jika timbul rasa sayang akan membeli bukunya. Benar kan logika saya??? Seperti kata bijak menyatakan,”Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta.”

Buktinya sudah terbukti. Seorang penulis sukses, Endik Koeswoyo menyatakan penjualan bukunya meningkat tajam sejak ia memperkenalkan diri di internet, baik lewat blog maupun media sosial. Jadi penulis harus memanfaatkan internet untuk mendongkrak penjualan bukunya. Bahkan ada penerbit yang sebelum menerbitkan buku itu, penulisnya dicek dulu, “berapa banyak teman di facebooknya?”. Jika temannya di facebooknya banyak, maka tulisannya diterima penerbit. Jika temannya sedikit di media sosial facebook, maka tulisannya ditolak penerbit. Sampai begitunya, penerbit melihat pentingnya internet atau media sosial sebagai bahan pertimbangan sebuah tulisan diterima atau tidaknya.

Saran saya kepada penulis yang bukunya telah terbit, agar mempublikasikan dirinya dan bukunya di internet agar dapat dilihat orang banyak. cara ini terbukti mendongkrak penjualan bukunya. Kalau buku best seller, maka penulis senang dan penerbit pun senang. Sama sama senang. Begitupula pembaca dapat memiliki buku bagus seperti yang diharapkannya selama ini sesuai dalam penjelasan di media sosial internet.

Apa yang harus digunakan penulis dengan internet, selain mempublikasikan diri dan bukunya dengan media sosial? Ia dapat menggunakan MIRC, youtube, Yahoo Messenger, Blogger, multiply, forum, situs jual beli, dll untuk mempromosikan diri dan bukunya.

1 comment: