Friday 21 November 2014

Membaca Pasar Itu Penting

Satu hal berikut adalah faktor yang sangat penting untuk menentukan sukses tidaknya seorang penulis yaitu membaca pasar. Membaca pasar seperti seorang marketing melihat pasar yang akan diterjuninya. Pasar yang sedang lapar akan mudah dijuali. Oleh sebab itu, anda mesti mencari pasar yang lapar kemudian memberi umpan atau apa yang dibutuhkan mereka, niscaya anda akan menjadi penulis berpenghasilan besar dan sukses.

Seorang penulis harus mampu membaca trend atau pasar yang sedang hangat-hangatnya. Untuk mengetahui pasar yang sedang berkembang, caranya dengan jalan-jalan ke toko buku, dan melihat buku-buku tema apa saja yang sedang laris manis. Bisa juga searching di Google. Atau bisa juga membaca berita diberbagai media surat kabar elektronik dan cetak untuk mengetahui buku yang sedang laris manis di pasaran. Lihatlah tema buku yang laris sama tidak dengan buku yang anda tulis???? Usahakan buku yang anda tulis sama temanya dengan buku-buku yang sedang laris. Sehingga ketika disodorkan pada penerbit langsung diterima, dan anda pun mendapat royalty besar. Sekali lagi, anda membutuhkan kecepatan dalam menulis. Karena pasar yang sedang berkembang secepat kilat bisa saja hilang, dan berganti dengan pasar buku lain.

Pendek kata, membaca pasar bukan hanya dilakukan oleh penerbit, tapi penulis juga harus mampu membaca pasar. Jika bukunya laris manis, penerbit dan penulis akan sama-sama diuntungkan. Bagi penulis, namanya semakin bernilai atau naik dan penghasilan semakin besar. Jadi, penerbit dan penulis keduanya bertugas sama-sama membaca pasar. Karena penerbit tidak mau rugi, begitupula penulis. Mereka ingin sama-sama untung yang besar. Dengan cara membaca pasar.

Contohnya, ketika membludaknya pasar novel yang islami seperti ayat-ayat cinta, penulis dan penerbit yang jeli melihat peluang pasar segera menerbitkan buku Pasal-Pasal Cinta misalnya. Ketika membludak pasar tentang buku keajaiban ibadah-ibadah, maka penulis dan penerbit yang jeli segera menerbitkan buku tentang keajaiban ibadah salat. Pasar yang sedang berkembang segera digarap secepat mungkin. Karena pasar yang berkembang itu tidak selamanya akan ada. Itu hanyalah trend dan perlahan-lahan akan surut. Penulis dan penerbit yang jeli dapat memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Inilah yang disebut penulis dan penerbit membutuhkan kecepatan untuk menghasilkan sebuah karya tulisan. Sekali lagi, penulis sukses tidaknya ditentukan oleh sejauhmana penulis itu produktif ataukah tidak, dan kecepatan menulis yang dimilikinya. Penulis sukses seperti Endik Koeswoyo dan Langit Kreshnahadi membiasakan untuk menulis 10 halaman perhari. Itulah kebiasaan para penulis sukses.

8 comments:

  1. Betul juga, kalo saya lebih suka mementau leat g.trends lhho

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga memakai google trends,,,itu cara yang bagus

      Delete
  2. iya bener banget, riset market memang sangat penting sebelum kita memulai menjalankan sebuah bisnis. Sehingga kita bisa mempertimbangkan kemana arah dan tujuan bisnis kita nantinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. stuju sekali mbak wahyu,,,sekarang tujuan bisnis adalah dapat laba sebesar mungkin,hal itu bisa didapat dgn cara riset pasar,,biar tak gagal,,he,,,trims

      Delete
  3. Yupz.., bener banget.
    Dalam membaca trend pasar "siapa cepat dia dapat"

    ReplyDelete
  4. nice,,, i like your post. semangatt,,,,
    salam Blogger -Afriadi BLog

    ReplyDelete
  5. wah ini sangat membantu saya

    ReplyDelete