Wednesday 5 November 2014

Persib Bandung : Klub Sepakbola Tangguh



Akhirnya Persib sanggup mengalahkan Arema Malang di laga Semi final ISL 2014. Persib akan bertemu Persipura di final ISL 2014. Adapun riwayat mengenai Persib. Persib singkatan dari persatuan sepakbola Indonesia Bandung. Persib merupakan salah satu tim atau klub sepakbola professional yang berasal di Bandung Jawa Barat. Para penggemar Persib sangat banyak meliputi Jawa Barat seperti Purwakarta, Sumedang, Subang, Garut, Bandung, Cimahi dan lain-lain. Pendukungnya menamakan diri Viking, Bobotoh dan lain-lain.

Sejarahnya dimulai pada tahun 1923 berdiri Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) di Bandung. BIVB ini merupakan salah satu organisasi perjuangan para pemudia Indonesia pada masa itu untuk mempersatukan Indonesia. Kemudian nama tersebut diganti dengan nama Persib. Ketua Umum BIVB yang pertama adalah Mr Syamsudin yang diteruskan oleh putera Dewi Sartika bernama R.Atot. Tanggal 19 April 1930, Persib bersama Persebaya, Persis Solo, dan klub lainnya membidani berdirinya PSSI dalam suatu pertemuan di Yogyakarta. Satu tahun kemudian bergulirlah kompetisi sepakbola tahunan antar kota. Tahun 1933, Persib berhasil masuk final kompetisi perserikatan walau di final dikalahkan klub sepakbola Jakarta.

Pada waktu Indonesia dijajah oleh bala tentara Jepang, maka kegiatan sepakbola dan organisasi sepakbola berhenti. Tidak hanya terjadi di Bandung, juga meliputi kota-kota lainnya di seluruh wilayah Indonesia. Persib mengalami masa vakum. Kemudian pemerintahan Jepang di Indonesia membentuk perkumpulan baru untuk menaungi kegiatan olahraga saat itu. Akan tetapi, Persib yang didirikan sebagai alat perjuangan bangsa Indonesia tidak menyerah begitu saja. Tujuan dan misi Persib terus dipelihara dan dijaga. Pada saat kemerdekaan Indonesia, Persib menunjukkan eksistensinya. Bukan hanya bertanding di Bandung, juga di Tasikmalaya, Sumedang, Yogyakarta dan kota lainnya.

Sekarang ini Persib menggunakan Stadion Si Jalak Harupat untuk memainkan laga kandangnya. Sebelumnya menggunakan stadion Siliwangi. Stadion Si Jalak Harupat merupakan stadion di daerah Soreang yang jauh dari keramaian. Persib tidak memilih stadion Siliwangi lagi karena sering terjadi kerusuhan di sana. Karena Persib tidak memiliki stadion sendiri maka gencarlah ide pembangunan stadion sepakbola untuk Persib yang memenuhi syarat dan berstandar internasional. Akhirnya pemerintah Kota Bandung mengabulkan permintaar para pendukung Persib dimana akan membangun stadion sepakbola di kawasan Gede Bage. Stadion itu bernama Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

4 comments:

  1. hebat banget ya persib bisa ngalahin persipura, selamat aja deh buat persip karena sudah jadi juara isl ;)

    ReplyDelete
  2. tapi sayangnya kemenangan persib ternoda dengan kericuhan waktu di palembang itu, tapi bagaimanapun kemenangan adalah kemenangan, apalagi sudah hampir belasan tahun tidak merasakannya, sukses untuk persib, ...

    ReplyDelete
  3. itu ulah oknum Bunda Firzha,,,trimakasih atas komentarnya

    ReplyDelete