Wednesday 19 November 2014

Tips Sukses Penulis Mandiri



Ditengah naiknya harga bbm, penulis hendak mengupas tentang tips sukses penulis mandiri. Penulis mandiri adalah orang yang bertanggungjawab atas kehidupannya yang mengandalkan profesi sebagai penulis. Ia tidak diperintah oleh siapapun. Berikut ini hal yang harus dimiliki oleh seorang penulis mandiri dalam membuat tulisan agar sukses menyertainya:

1. Imajinasi
Cara membuat tulisan indah baik buku atau novel harus memiliki imajinasi yang kuat atau imajinasi yang bagus. Imajinasi yang kuat/bagus sangat penting bagi penulis buku atau novel. Agar novel atau buku itu dapat terselesaikan dengan baik dengan jalan cerita seru dan menarik. Sekarang untuk mendapatkan imajinasi yang bagus, caranya dengan mengasah imajinasi secara terus menerus. Imajinasi adalah segalanya bagi seorang penulis buku atau novel. Tidak ada artinya buku tanpa imajinasi yang bagus. Kalau seseorang lemah imajinasinya, lebih baik jangan jadi penulis, tapi jadilah tukang ketik di kantor.

2. Seorang penulis harus membuat tulisan yang bagus. Yaitu membuat adegan dalam tulisan yang akan hidup dalam benak pembaca. Sehingga pembaca akan mengingatnya terus karena terpesonanya, bahkan menceritakannya kepada orang lain. Hal ini saya alami ketika membaca novel Laskar Pelangi. Mengapa novel Laskar Pelangi best seller? Karena banyak adegan dalam tulisan itu yang hidup di hati pembaca. Pendek kata, Seorang penulis harus menulis tulisan sebagus mungkin yaitu tulisan yang adegan di dalamnya dapat hidup di hati pembaca. Jadi, imajinasi dan kemampuan menulis adegan yang hidup di hati pembaca adalah bakat yang dimiliki seseorang.

3. Stamina. Inilah rahasia yang sudah terbongkar. Rahasia menulis dengan mudah yaitu menulis dengan menggunakan blog. Tak terasa hasil postingan hari demi hari akan menjadi sebuah buku. Dengan menulis diblog otomatis atau secara tak langsung melatih seseorang untuk bersikap disiplin dalam menulis dan hal lainnya. Disiplin kunci sukses jadi penulis. Lalu dikirimkan pada penerbit via online. Ketika penulis postingan ini ada penerbit yang menerima buku-buku bertema apapun yang islami, novel islami. Stamina sangat mudah didapat dengan menulis lewat blog. Dapat uang bisa berganda-ganda. Monetisasi blog, dan menghasilkan buku. Itu yang dilakukan para penulis sukses seperti Dee, Raditya Dika dll.

4. Edit. Setelah tulisan selesai. Bukan berarti tugas membuat buku atau novel selesai, tidak. Tapi harus diedit, bahkan bisa pula ditulis ulang untuk menghasilkan buku atau novel yang bagus.

5. Milikilah selera humor karena itu membuat pembaca terhibur dan menyenangkan serta menyegarkan. Semua orang senang humor.

Demikianlah yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. Tulisan ini dibuat saat bbm naik di era presiden Jokowi.

No comments:

Post a Comment