Sunday 2 November 2014

Membuat Blog Untuk Menulis



Kehadiran blog membawa angin segar buat penulis. Bukan hanya penulis, setiap individu manusia sangat dimanjakan dan diuntungkan dengan kehadiran blog. Mereka dapat menulis sesuatu diblog seperti diari, curhat, aktifitas, dll dan dapat dilihat oleh semua orang dari seluruh dunia. Orang-orang yang memanfaatkan blog untuk menulis sebuah buku, kebanyakan adalah penulis-penulis sukses yang berhasil dan terkenal. Misalnya, Raditya Dika, penulis “Kambing Jantan”. Ia menulis diblog tulisan-tulisan itu, kemudian diterbitkan dalam sebuah buku. Dee atau Dewi Lestari pun menulis diblog karya sastranya, kemudian diterbitkan karya sastra itu menjadi sebuah buku oleh penerbit nasional Gramedia.

Datangnya Blog juga mendatangkan keuntungan double bagi penulis. Selain ia dapat membuat buku secara mudah dan ringan serta mengalir apa adanya, blog juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang. Caranya? Ikut program adsense. Atau pasang space iklan mandiri. Atau menjual ebook dan produk fisik, dan lain-lain. Istilahnya monetisasi blog.

Sekarang lihatlah dengan jeli. Di internet banyak blog atau website atau situs. Situs itu ada yang digunakan untuk kepentingan pribadi, bisnis dan lembaga. Tentu, situs-situs tersebut membutuhkan konten untuk isi blog secara berkala untuk menempatkan situsnya menarik dan friendly search engine. Terutama situs bisnis, mereka sangat membutuhkan konten-konten berkualitas untuk menarik jumlah pengunjung, memperbaiki peringkat di mesin pencarian,dll.

Coba ketikkan kata kunci dibutuhkan penulis blog pada browser internet anda (Google), maka anda akan dapatkan banyak situs yang membutuhkan penulis untuk mengisi blognya. Tema tulisan bermacam-macam, seperti internet marketing, kesehatan, cinta, agama islam, dll.

Rupanya sekarang tidak ada lowongan pekerjaan untuk penulis di dunia offline. Mengapa? Karena kini perusahaan cenderung memasang lowongan pekerjaan penulis di website atau internet karena hal itu menghemat biaya.

Perubahan mutlak diperlukan. Seperti tikus yang mencari jalan keluar baru. Sekarang jaman berubah. Lowongan menulis sekarang hanya ada di internet. Dan peluang pekerjaan menulis dengan meraih banyak uang hanya bisa didapatkan dari internet. Di internet seseorang bisa dapat banyak pekerjaan menulis, bisa punya banyak bos, bisa punya banyak klien, dll.

No comments:

Post a Comment